• Geosinindo Team

Mengenal Kegunaan Pipa HDPE, Ternyata Ada Banyak!



Penggunaan pipa plastik dalam pengaliran air memang sudah sangat umum. Pipa plastik dipilih karena tidak memiliki bau menyengat yang nantinya bisa menempel dalam air. Salah satu jenis pipa plastik yang sering digunakan adalah Pipa HDPE. Pipa HDPE (High Density Polyethylene) adalah pipa plastik yang terbuat dari campuran minyak bumi. Ciri khas dari pipa ini adalah berwarna hitam pekat dan memiliki garis biru yang berjumlah empat buah di sepanjang pipa.

Pipa HDPE sendiri bersifat elastis sehingga dapat digunakan di segala kondisi tanah. Selain itu, pipa ini juga berbobot ringan sehingga mudah dibawa ke mana pun. Belum lagi bahannya yang awet sehingga dapat bertahan selama 50 tahun.

Pipa HDPE juga lebih bagus dibanding pipa yang lainnya karena sistem penyambungannya yang kompleks dan membutuhkan mesin khusus bernama butt fusion, sehingga sambungan antar pipa tidak akan mudah terlepas sekalipun terkena guncangan, berada di suhu tinggi, maupun suhu rendah.


Penggunaan Pipa HDPE

Karena kelebihannya, pipa HDPE sudah digunakan untuk berbagai keperluan. Setidaknya terdapat lima contoh penggunaan pipa HDPE yang sudah diterapkan dan dianggap efektif.


1. Kebutuhan pengairan

Pipa HDPE sudah sering digunakan dalam pengairan air untuk jarak dekat sampai jarak yang jauh. Hal ini sesuai dengan sifatnya yang awet hingga 50 tahun sehingga perairan akan dipastikan aman untuk waktu yang lama. Selain itu, bahannya yang memang terbuat dari plastik tidak akan mencemari air yang mengalir jika dibandingkan pipa besi yang bisa berkarat jika digunakan dalam waktu lama.


2. Untuk pembungkus kabel

Selain untuk mengaliri air, pipa HDPE juga digunakan sebagai pembungkus kabel karena sifatnya yang awet dan tidak mudah rusak. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan pipa HDPE dalam pembungkusan kabel adalah Telkom untuk melindungi saluran pengaman kabel optik.


3. Kebutuhan saluran gas bertekanan tinggi

Khusus pipa HDPE yang digunakan untuk penyaluran gas bertekanan tinggi, terdapat perbedaan dari jenis warna dan teknologi penyambungan yang digunakan dengan pipa untuk menyalurkan air. Warna yang digunakan untuk gas biasanya berwarna kuning karena lebih mencolok, sehingga mempermudah dalam memberi peringatan kepada orang yang melintas bahwa itu adalah pipa gas.

Selain itu, pipa juga tidak disambung dengan teknik butt fusion untuk mengurangi kemungkinan bocornya gas. Metode penyambungan dilakukan dengan electric fusion yang memerlukan mesin khusus.


4. Solusi perpipaan untuk daerah rawan bencana

Karena sistem penyambungannya yang kompleks dan memperkecil kemungkinan terlepasnya pipa, HDPE sangat cocok digunakan untuk daerah dengan kontur tanah yang tidak stabil dan rawan bencana, seperti daerah pegunungan yang rawan tanah longsor maupun daerah yang rawan banjir.


Dengan kelebihan yang dimiliki oleh pipa HDPE, sudah seharusnya jika pipa ini digunakan untuk konstruksi Anda. Untuk mendapatkan pipa HDPE yang berkualitas, Geosinindo menyediakan pipa HDPE yang bagus dengan harga terjangkau. Segera pesan pipa HDPE dari Geosinindo di sini!