• Geosinindo Team

HDPE Pipe Sangat Cocok untuk Drainase, Mengapa?


hdpe pipe

HDPE (High Density Polyethylene) pipe adalah pipa plastik fleksibel yang utamanya digunakan pada sektor industri dan pertanian untuk mentransfer cairan atau gas. Pipa ini adalah pengganti yang sempurna untuk pipa beton atau baja tua. Terbuat dari polietilen densitas tinggi dan sangat kedap air, HDPE pipe cocok untuk drainase. Mengapa? Berikut ini ulasannya!

Apa itu HDPE Pipe?

HDPE pipe adalah pipa bermaterial plastik dengan elastisitas tinggi sehingga dapat digulung. Biasanya, jenis pipa ini dipakai untuk kebutuhan pertanian, proyek PDAM, hingga irigasi.

HDPE pipe banyak dipilih karena bahan plastiknya non-toxic, tidak beracun, tahan bahan kimia dan korosi, sehingga aman untuk air konsumsi rumah tangga dan bisa lama digunakan.

Itulah mengapa HDPE pipe bisa jadi alternatif pipa besi yang mudah berkarat dan bila terminum manusia bisa membahayakan. HDPE pipe dikenal karena kekuatan tariknya yang tinggi, fleksibel, daya tahan tinggi, dan ringan. Itulah kenapa ia telah digunakan untuk aplikasi air kota dan industri selama bertahun-tahun.

Fakta bahwa HDPE pipe ramah lingkungan membuatnya semakin disukai, membuatnya kadang disebut juga sebagai geopipe.

Kelebihan HDPE pipe

Kelebihan HDPE pipe adalah kuat dan elastis sehingga umum digunakan masyarakat di area dengan kontur tanah bebatuan yang curam, longsor, rawan gempa, dan tanah labil.

Keunggulan pipa ini sudah diakui dan lebih baik dibanding jenis pipa lain, misalnya pipa PVC. Pipa ini juga sering dipakai untuk perkebunan, pipa industri, hingga pertanian mengingat bentuknya yang pas diaplikasikan untuk kondisi lahan cenderung sulit.

Pipa PVC yang terbuat dari plastik memang sangat populer di dunia karena ringan dan kuat. Namun, dari segi ketahanan fisik, HDPE pipe sedikit lebih baik. Sebab, saat berhadapan langsung dengan air maupun lumut, kualitas HDPE pipe tetap terjaga. Sementara, pipa PVC bisa bengkok saat lama melakukan kontak dengan sinar UV dan mudah rapuh jika diselimuti lumut.

Mengapa HDPE pipe Cocok untuk Drainase?

Ada sejumlah alasan mengapa HDPE pipe cocok untuk drainase. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui:

1. Mudah dipasang

Pemasangan HDPE pipe yang mudah, serta kekuatan tariknya yang baik, membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk pemasangan tanpa parit. Teknologi ini membantu HDPE pipe bisa dipasang di bawah sungai, danau, kolam, maupun anak sungai dengan gangguan publik yang minimal.

2. Tahan lama

HDPE pipe juga memiliki daya tahan tinggi. Karena tidak menimbulkan korosi atau karat, HDPE pipe memiliki umur yang panjang sehingga Anda mampu melakukan penghematan biaya jangka panjang. Dengan daya tahan hingga 50-100 tahun, HDPE pipe menjadi solusi ideal tergantung pada penggunaan, pemasangan, dan desain proyek.

3. Ramah lingkungan

Terlepas dari atribut fisik yang disebutkan di atas, HDPE pipe memiliki dampak minimal terhadap lingkungan. Pipa ini tidak memancarkan tingkat racun yang berbahaya, bahkan selama proses pembuatan. HDPE pipe juga dapat dengan mudah didaur ulang ke aplikasi perpipaan non-tekanan.

4. Lebih fleksibel

Penggunaan HDPE pipe sudah cukup luas, khususnya digunakan oleh PDAM, karena pipa ini punya kualitas yang relatif lebih unggul daripada pipa PVC biasa. Lebih fleksibel, HDPE pipe mudah dipasang dengan kepadatan yang jauh lebih rendah daripada baja sehingga tidak memerlukan alat pengangkat berat apa pun selama pemasangan. HDPE pipe juga fleksibel sehingga dapat dengan mudah ditekuk.


Kinerja HDPE pipe yang luar biasa sebagai material drainase memastikan konsumen mendapatkan air minum yang bersih dan aman. Sementara pipa lain berisiko mengalami kebocoran yang menyebabkan lebih banyak penggunaan listrik untuk memproses dan memompa air, HDPE pipe memastikan tidak ada kebocoran. Dengan demikian, HDPE pipe bisa mengurangi kebutuhan listrik sehingga membantu konsumen menghemat biaya utilitas. Itulah mengapa HDPE pipe cocok untuk drainase.


Selain itu, Geosinindo juga menyediakan material terbaik geotextile seperti woven geotextile dan non-woven geotextile sebagai salah satu produk unggulan terbaik untuk semuanya,