• Geosinindo Team

Apa Itu Geocell dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

Diperbarui: 2 hari yang lalu




Geocell adalah salah satu material geosintetik yang terbuat dari hasil penyatuan lembaran-lembaran berbentuk sel. Geocell didesain untuk diisi dengan tanah.


Material yang ini dinilai punya ketahanan yang baik dan ramah lingkungan. Penggunaannya pun cukup luas dan variatif. Namun, sebenarnya, apa itu geocell dan bagaimana material ini digunakan dalam proyek infrastrukstur maupun proyek teknik sipil lainnya?


Mengenal apa itu geocell

Pada dasarnya, geocell adalah sebuah sistem yang memanfaatkan kekangan dari tiap sel yang terbentuk.


Material ini umum digunakan di proyek konstruksi dan teknik sipil. Umumnya, geocell digunakan untuk menstabilkan serta melindungi permukaan tanah. Sistem kekangan pada geocell membuat tanah di dalamnya mempunyai kekakuan yang lebih baik sehingga dapat memikul beban yang lebih besar dengan deformasi yang lebih kecil. Kekakuan yang terbentuk membuat distribusi beban lebih merata.


Geocell memiliki desain mirip sarang lebah tiga dimensi yang berongga. Sistem menggunakan geocell bersifat fleksibel sehingga mampu menyesuaikan dengan kontur dan dapat mengakomodir perbedaan penurunan.


Pemanfaatan geocell juga disukai karena harganya relatif lebih rendah dibandingkan sistem lain. Biaya pemeliharaannya pun tidak terlalu mahal sehingga cocok untuk proyek jangka panjang.


Di samping itu, geocell adalah material yang ramah lingkungan. Jejak karbonnya tergolong rendah dan agregat pengisi yang dibutuhkan geocell pun bisa menggunakan bahan daur ulang.


Aplikasi geocell antara lain :

  • Proteksi lereng timbunan dan galian

  • Facing untuk perkuatan lereng dengan geosintetik

  • Pemulihan vegetasi pada lereng yang tererosi

  • Stabilisasi tanah


Sejarah singkat geocell

Geocell mulai dikembangkan pada akhir tahun 1970-an hingga awal 1980. Awalnya, geocell diciptakan untuk menstabilkan jalanan di gurun pasir yang dilewati kendaraan militer.


Kala itu, pasukan militer Amerika Serikat bekerja sama dengan Presto Products, sebuah perusahaan plastik untuk mengembangkan struktur penahan jalan yang mampu menahan beban berat dari kendaraan militer. Setelah diuji coba, geocell berhasil mempertahankan kepadatan pasir tanpa menimbulkan kerusakan berarti pada permukaan jalan.


Sejak saat itu, teknologi geocell terus berkembang. Sistem pengekangan seluler tersebut kini dibuat dari material yang lebih tahan lama (biasanya HDPE atau NPA).


Belum lama ini, sebuah penelitian menemukan bahwa struktur geocell akan lebih kuat jika menggunakan kombinasi NPA, sebuah paduan komposit serat nano polyimide yang tersebar dalam matriks polietilen.


Material penyusun geocell

Kebanyakan geocell yang beredar saat ini terbuat dari bahan baku HDPE (High-Density Polyethylene) atau NPA (Nano-Polymeric Alloys) berbentuk lembaran. Lembaran-lembaran ini disatukan dengan ultrasonic welding membentuk struktur yang kuat tetapi ringan.


Cara penggunaan geocell

Agar geocell bekerja dengan optimal, lokasi penempatan geocell harus diukur dengan cermat untuk menghindari adanya celah kosong. Setelah mendapat pengukuran yang akurat, geocell dikirimkan ke lokasi proyek konstruksi.


Geocell ditempatkan pada lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk memastikan geocell tidak berpindah, maka dilakukan pengangkuran ke permukaan tanah. Masing-masing sel kemudian diregangkan hingga menutupi area yang diinginkan. Setelah memastikan semua permukaan tertutupi, barulah dilakukan pengisian. Tiap sel diisi dengan material isian yang sesuai untuk kemudian dipadatkan. Jika material pengisi telah mencapai kepadatan sesuai desain, tambahkan lapisan penutup.


Dari sini, bisa disimpulkan bahwa geocell merupakan sistem pengekangan seluler. Dengan menambahkan material ini pada konstruksi, maka tingkat kepadatan dan fleksibilitasnya akan naik. Ketahanan terhadap beban berat pun meningkat. Tertarik untuk menambahkan geocell pada proyek konstruksi Anda?

Geosinindo menghadirkan geocell dan material geosintetik lainnya dengan kualitas terbaik yang cocok untuk berbagai proyek konstruksi dan teknik sipil. Seluruh produk Geosinindo telah diuji di Laboratorium Terakreditasi GAI-LAP untuk memastikan kesesuaian spesifikasi dan keamanannya. Dapatkan segera geocell untuk proyek konstruksi Anda hanya di Geosinindo!