• Geosinindo Team

Manfaat dan Jenis Drainage Cell dari Geosinindo

Diperbarui: 27 Mei


Drainage Cell

Jika membangun sebuah bangunan, Anda juga harus memikirkan sistem drainasenya. Untuk itulah Anda membutuhkan drainage cell, yang pemasangannya lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pemasangan metode konvensional. Berbeda dari geocell, mari simak manfaat dan jenis drainage cell di bawah ini!

Apa Itu Drainage Cell?

Drainage cell adalah material dalam bentuk blok-blok panel yang ringan dan mudah disusun secara interlocking. Anda dengan mudah bisa menyusunnya secara vertikal maupun horizontal. Material ini biasanya terbuat dari plastik polypropylene recycled (PP) dan mempunyai kekuatan tekan tinggi.

Drainage cell dapat digunakan sebagai untuk mengalirkan air supaya tidak menggenang atau juga media untuk penyimpanan air di bawah tanah. Material ini elastis namun kuat, dengan pori-pori besar untuk memudahkan air mengalir dari atas ke bawah.

Sistem drainase yang efektif membuat material ini dipakai pada bangunan teknik sipil, lapangan olahraga, basement, terowongan, juga roof garden. Karena memiliki kekuatan yang tinggi meskipun ringan, panel-panel ini sanggup menahan beban pada tanah dan yang ada di atasnya.

Manfaat Drainage Cell

Pada praktiknya, drainase diperlukan untuk mencegah timbulnya tekanan hidrostatis di atas bangunan atau pekerjaan teknik sipil yang menyebabkan masalah kelebihan beban struktural, kelembapan, dan kebocoran.

Jika Anda tahu geocell biasanya digunakan sebagai material pencegah erosi, drainage cell sendiri banyak digunakan untuk lanskap atau roof garden (taman atap) untuk menjaga kelembapan tanah. Pada roof garden, material ini berfungsi membuat aliran air mengalir dengan cepat sehingga akar tanaman tidak akan membusuk karena terendam air.

Kapabilitas drainage yang baik mengalirkan kelebihan air secara optimal sambil mempertahankan tingkap kelembapan yang paling menguntungkan bagi tanah. Jika Anda mempunyai roof garden atau tanaman dalam planter box, drainage cell ini dapat membantu mendorong pertumbuhan tanaman. Adapun manfaat drainage cell yang lain:

  1. Material ringan yang memudahkan untuk diangkat dan diaplikasikan.

  2. Dirancang khusus untuk pengaplikasian yang sangat membutuhkan drainase.

  3. Air tidak akan tergenang karena kapasitas aliran lateral yang sangat tinggi.

  4. Material ini dibuat tahan terhadap kontaminan biologis dan lainnya.

  5. Dapat menampung air pada bagian dasarnya.

Drainage Cell dari Geosinindo

Sebagai panutan di komunitas geosintetik dan konstruksi pada umumnya, Geosinindo menawarkan drainage cell dengan kualitas terdepan dan tepercaya. Drainase diperlukan untuk mencegah timbulnya tekanan hidrostatis terhadap atau di atas bangunan, serta pekerjaan teknik sipil yang menyebabkan masalah kelebihan beban struktural, kelembapan, dan kebocoran. Manfaat drainage cell dari Geosinindo adalah:

  • Melindungi lapisan anti air

  • Cocok untuk segala macam cuaca

  • Tidak terpengaruh oleh bahan kimia

  • Tidak ada risiko pencemaran bawah tanah

  • Mudah dipasang

  • Fleksibel

2 Jenis Drainage Cell Geosinindo

Demi memenuhi kebutuhan akan drainage cell, Geosinindo menyediakan dua jenis produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ulasan masing-masingnya:

1. Delta

Terbuat dari jenis polyethylene khusus, drainage cell Delta membentuk lapisan rembesan dan drainase yang sangat efisien. Tak hanya tahan kompresi, material ini juga mampu mempertahankan sifat hidrauliknya yang luar biasa, bahkan di bawah beban berat dan permanen. Lapisan geotekstil yang menyatu dari lembaran Delta mampu menyaring partikel tanah dari air rembesan, sehingga mencegah air gap (celah udara) tersumbat.

2. CollCrain®

CollDrain® adalah bahan drainage cell lainnya dari Geosinindo. Terbuat dari bahan sintetis dengan kapasitas drainase tinggi, material ini menjaga kapasitas drainasenya bahkan di bawah tekanan tinggi sekalipun. Dirancang agar praktis dan ringan, material CollDrain® mudah digunakan dan dipasang jika dibandingkan pasir atau kerikil–menghemat waktu dan uang.


Tidak hanya untuk mengalirkan air agar tidak menggenang, drainage cell juga digunakan untuk menyimpan air di bawah tanah, sehingga kelembapan tanah tetap terjaga. Jika Anda sedang berpikir untuk membuat roof garden atau taman di halaman belakang dan membutuhkan sistem drainase yang baik, Anda berada di tempat yang tepat. Segera kunjungi websiteGeosinindo dan pilih drainage cell sesuai kebutuhan Anda!