• Geosinindo Team

8 Hal Penting Seputar Nonwoven Geotextile yang Perlu Anda Tahu


tentang nonwoven geotextile

Apakah Anda pernah mendengar istilah non woven geotextile? Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang bekerja di bidang konstruksi, terutama yang berkaitan dengan perbaikan tanah. Non woven geotextile merupakan salah satu macam material geotextile. Dikatakan non woven karena material tersebut tidak dibuat dengan metode woven atau tenun.

Material ini pun sangat unik. Pasalnya, untuk menghasilkan satu lembar saja akan memakan proses yang panjang. Pemanfaatan teknologi akan menghasilkan kumpulan serat tak beraturan yang nantinya akan menjadi selembar non woven geotextile. Proses panjang tersebut tentunya dilakukan untuk memastikan kualitas material.

Non woven geotextile memiliki banyak fungsi dalam pekerjaan teknik sipil. Pemanfaatan material ini pun juga sangat luas. Efek penggunaan non woven geotextile sendiri mungkin sudah Anda rasakan sehari-hari. Non woven geotextile ini adalah salah satu material penting untuk urusan perkuatan tanah. Perkuatan tanah merupakan sebuah metode untuk perbaikan tanah.

Bagi Anda yang berencana membangun rumah atau bangunan lain serta memperkuatnya, Anda perlu memikirkan penggunaan material ini. Terlebih, non woven geotextile lebih tahan lama dan juga bisa menghemat waktu. Selain itu, apa saja hal penting yang harus Anda ketahui tentang non woven geotextile? Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Termasuk Salah Satu Jenis Geotextile

Non woven geotextile sendiri merupakan salah satu jenis geotextile. Apa itu geotextile? Geotextile terdiri dari dua kata, yakni ‘geo’ dan juga ‘textile’. Kata ‘geo’ sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti bumi, sedangkan ‘textile’ berarti tekstil. Jadi, geotextile merupakan sebuah material tekstil berpori yang digunakan pada tanah untuk pekerjaan teknik sipil.

Non woven geotextile sendiri bukan berdasarkan hasil tenunan, melainkan muncul dari proses termal, kimia, dan mekanis. Material ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan karpet. Kekuatan tariknya juga berbeda dari woven geotextile. Namun, kemampuan pemisahaan, drainase, dan filtrasinya sangat baik. Knitted geotextile memiliki fleksibilitas yang lebih baik dan juga ekonomis. Namun, penggunaannya masih jarang ditemui. Material ini dibuat dengan menggunakan teknologi rajutan.


2. Memiliki Sifat Permeable, Sehingga Bisa Ditembus Air

Non woven geotextile adalah material konstruksi yang dapat ditembus air karena memiliki sifat permeable atau berpori. Permukaan non woven geotextile cenderung rapat, namun berpori-pori kecil. Selain dapat ditembus air, material ini juga dapat ditembus gas, namun tetap bisa menyaring partikel halus.

Bentuk non woven geotextile bisa dikatakan mirip seperti kain, baik teksturnya ataupun penampilannya. Karena sifat permeable-nya yang baik, non woven geotextile sangat cocok untuk stabilitator, filtrasi, pemisahaan atau separator.


3. Mempunyai Durabilitas yang Baik

Non woven geotextile memiliki daya durabilitas yang sangat baik. Saat digunakan menjadi lapisan pemisah, ketahanan material ini bisa mencapai 30-40 tahun lamanya. Jika dipakai sebagai lapisan aspal, non woven geotextile bisa mengurangi dana perawatan dengan ketahanan hingga tiga kali lebih baik dibanding tanpa material geosintetik.


4. Memiliki Fungsi yang Beragam

Non woven geotextile memiliki fungsi yang cukup beragam. Seperti yang sudah disampaikan di atas, non woven geotextile sangat baik untuk filtrasi, separasi, dan juga drainase. Berikut penjelasannya.

  • Filtrasi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa non woven geotextile memiliki pori-pori yang kecil. Material ini memungkinkan untuk ditembus oleh air atau gas, namun tetap bisa menyaring partikel halus. Karena itulah non woven geotextile sangat cocok untuk filtrasi. Material dapat membungkus pipa drainase dalam proyek-proyek pembuatan saluran.

  • Separasi

Fungsi kedua adalah separasi. Material non woven geotextile dapat digunakan sebagai pemisah dua lapisan tanah yang memiliki karakteristik berbeda. Lapisan tanah yang halus tidak akan bisa menembus material ini, bahkan tidak bisa hanyut terbawa air sekalipun. Dengan demikian, kedudukannya akan stabil dan tidak bisa bercampur dengan lapisan lainnya yang mempunyai karakteristik atau partikel berbeda.

  • Drainase

Fungsi yang terakhir dari material non woven geotextile adalah drainase. Bahan material ini bisa menjadi elemen pasif guna mengangkat likuida dan gas. Fungsi drainase ini dapat terjadi secara langsung tanpa adanya pencampuran dengan bahan atau zat tambahan lainnya. Namun, banyak juga para pekerja teknik sipil yang mencampurkan material ini dengan inti drainase. Pencampuran keduanya akan menambah kapasitas drainase. Biasanya, kombinasi tersebut diberi istilah drainase geo komposit.


5. Dapat Digunakan untuk Membuat Geobag

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui dari material non woven geotextile ini adalah kemampuannya untuk dijadikan bahan geobag. Pemanfaatan yang satu ini cukup familier di kalangan masyarakat luas. Geobag sendiri berupa kantong yang disatukan dengan benang jahit khusus serta menggunakan mesin berteknologi tinggi.

Kantong tersebut bisa diisi oleh pasir atau tanah. Bila menggunakan geobag, campuran air dan benda padat bisa terpisahkan dengan mudah. Metode ini akan sangat bermanfaat untuk memecah ombak di pantai. Selain itu, geobag juga bisa menjadi alat pencegah abrasi. Material non woven geotextile cocok untuk menjadi bahan penahan urukan tanah. Beberapa proyek juga menggunakan geobag sebagai perlindungan sinar matahari.


6. Material yang Relatif Ramah Lingkungan

Keunggulan non woven geotextile juga sangat ramah lingkungan bila dibandingkan dengan pasir, beton, dan batu untuk membuat sebuah infrastruktur. Material geosintetik ini relatif lebih hemat energi dan menghasilkan sangat sedikit gas rumah kaca yang dikenal buruk dampaknya bagi lingkungan. Jadi, sudah jelas jika material non woven geotextile ini lebih sustainable bila dibandingkan material yang lainnya.

Dalam hal ramah lingkungan, material non woven geotextile juga mendukung program PBB, yakni Sustainable Development Goals atau SDG. SDG sendiri merupakan sebuah rencana untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan juga berkelanjutan. Program ini memiliki setidaknya 17 poin yang mampu menjadi solusi atas tantangan global, beberapa di antaranya adalah isu perubahan iklim, ketidaksetaraan, kemiskinan, dan juga degradasi lingkungan.

Bagaimana non woven geotextile mendukung adanya SDG? Kontribusi utama material non woven geotextile terhadap SDG adalah dari segi kelestarian sumber daya. Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, material ini memiliki durabilitas yang sangat baik, sehingga Anda tak perlu melakukan perawatan dan mengganti material dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kemampuannya memisahkan dua partikel yang berbeda dapat menjadi keuntungan bagi akses air bersih.


7. Memiliki Harga yang Relatif Lebih Terjangkau

Dari sisi biaya, material non woven geotextile lebih murah dibandingkan dengan woven geotextile. Namun tentunya kedua material tersebut berbeda dari sisi fungsinya. Jika ingin membandingkan harganya, bisa membandingkan harga non woven geotextile dengan pasir yang digunakan sebagai filtrasi. Tentunya non woven geotextile akan jauh lebih murah dan lebih mudah dipasang.


8. Menawarkan Cukup Banyak Keunggulan

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah bisa kita tarik kesimpulan bahwa non woven geotextile mempunyai banyak keunggulan. Bila sebelumnya kita membahas bahwa non woven geotextile sangat penting bagi pembuatan bendungan di Belanda untuk menahan banjir rob, sekarang kita akan membahas kemampuan material ini untuk mengendalikan banjir.

Dalam hal mengendalikan banjir, tanggul yang dibuat menggunakan material ini akan memiliki tujuan keselamatan yang optimal. Erosi permukaan yang biasa terjadi akibat banjir bisa berkurang dengan pemanfaatan non woven geotextile. Biasanya, erosi permukaan dicegah dengan cara menggunakan bebatuan yang digali untuk menjadi pelindung.

Kemudian bebatuan, ditempatkan dengan tanah dalam lapisan berspektrum. Hal ini bertujuan untuk mencegah partikel tanah yang halus menjadi hilang. Permasalahannya adalah gradasi batu sering kali sulit didapat serta ditempatkan. Material non woven geotextile hadir sebagai solusi penggantinya.

Material tersebut dapat dipakai untuk memperbaiki tanggul dengan menggunakan desain yang terbarui. Solusinya adalah dengan mengombinasikan bahan-bahan alami untuk membantu masalah penanganan banjir. Dengan begitu, masalah banjir akan terkendali dengan cara memberikan kekuatan serta fleksibilitas, kedap air dan drainase, memiliki daya tahan yang tinggi,

9. Bisa Didapatkan di Geosinindo

Material non woven geotextile bisa Anda dapatkan di Geosinindo! Geosinindo hadir dengan berbagai aneka material geosintetik yang bisa menjawab kebutuhan Anda. Kualitas dari geosintetik yang dijual di Geosinindo tak perlu diragukan lagi. Geosinindo berkomitmen untuk selalu menyediakan bahan material dan produk-produk yang berkualitas bagi para konsumen.

Non woven geotextile yang bisa Anda dapatkan di Geosinindo telah melalui proses pengujian di Laboratorium terakreditasi GAI-LAP. Tidak main-main, kualitas setiap bahan yang ada di Geosinindo sudah mengikuti prosedur dan disesuaikan spesifikasinya. Anda bisa memercayakan kualitas non woven geotextile di Geosinindo karena produk sudah berstandar internasional yang ketat. Seluruh material pun aman digunakan karena proses produksinya tepat dan akurat.

Anda bahkan tak hanya bisa menemukan non woven geotextile, Geosinindo juga memiliki berbagai material geosintetik lainnya seperti anchorage wall, geomembran, geogrid, geosystem, geotekstil komposit, material penyokong sistem drainase, vertical wick drain, serta material sustainable lainnya.

Geosinindo hadir sebagai jawaban atas kebutuhan Anda yang berkaitan dengan material geosintetik. Banyak proyek teknik sipil seperti perkuatan tanah, konstruksi jalan, proteksi erosi dan garis pantai, pembuatan saluran drainase, bahkan hingga hidrolik serta rekayasa kelautan bisa terselesaikan dengan material yang didapat di Geosinindo.


Segera dapatkan material non woven geotextile yang banyak manfaatnya ini di Geosinindo! Tak hanya bahan material, Anda juga bisa mendapatkan teknologi serta teknik pemasangan yang canggih agar proyek berjalan dengan lancar! Hubungi Geosinindo sekarang juga dengan klik di sini!