• Geosinindo Team

Prinsip Kerja Vertical Drain, Sudahkah Anda Tahu?



Pernahkah Anda mendengar tentang vertical drain? Sistem vertical drain ini dikenal sebagai solusi yang terbukti untuk mempercepat proses konsolidasi tanah lunak. Biasanya, sistem ini terbuat dari inti plastik yang kemudian dikelilingi dengan bahan geosintetik. Namun, sebenarnya bagaimana prinsip kerja sistem vertical drain?


Mengenal apa itu vertical drain

Sistem vertical drain dibangun sebagai saluran untuk mengeluarkan air tanah demi mempercepat proses konsolidasi. Apa itu proses konsolidasi pada tanah? Untuk dapat memanfaatkan tanah dengan optimal, maka tekanan air pori pada tanah harus minimal. Penurunan tekanan air pori inilah yang disebut dengan proses konsolidasi.

Nah, proses konsolidasi ini bisa sangat bermacam-macam. Sebab, prosesnya bergantung pada jenis tanah. Semakin kasar tanah, maka proses konsolidasinya pun semakin cepat. Semakin halus tanah (lanau atau lempung) akan memerlukan konsolidasi panjang, bahkan bisa bertahun-tahun.


Prinsip kerja vertical drain

Namun, bagaimana sistem vertical drain ini bekerja? Sistem ini bekerja sebagai semacam jalan pintas untuk aliran air. Pada tanah lempung, peremeabilitas tanah lebih baik pada arah horizontalnya. Maka dengan adanya vertical drain, maka proses keluarnya air dari dalam tanah bisa lebih cepat dibandingkan dengan kondisi alaminya.

Penggunaan sistem ini jauh lebih baik dibanding sistem sand drain. Sebab, aplikasinya lebih mudah dan cepat. Material yang digunakan pun cenderung berukuran kecil, sehingga dapat mereduksi munculnya gangguan pada lapisan tanah eksisting. Dibandingkan dengan sand drain, properti material vertical drain lebih seragam sehingga menghasilkan performa yang stabil.


Vertical drain bisa digunakan untuk apa saja?

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, vertical drain berfungsi sebagai akselerator proses konsolidasi. Oleh karenanya, setiap proyek yang memerlukan konsolidasi tanah bisa menerapkan sistem drainase ini. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi vertical drain:

  • Jalan Raya/Tol

  • Jalan Kereta Api

  • Runway

  • Stockyard atau Coal Yard

  • Pergudangan

  • Dan konstruksi lain yang tidak mengijinkan adanya penurunan pada masa layan


Di mana bisa mendapatkan vertical drain?

Dengan kegunaannya yang sangat beragam, maka tidak mengherankan jika sistem vertical drain ini diaplikasikan pada bermacam-macam proyek. Itu artinya, tingkat permintaannya pun tinggi.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, kini sistem drainase ini telah tersedia di Geosinindo. Vertical drain Geosinindo terbuat dari material geosintetik (tepatnya geokomposit) yang mengandung inti tiga dimensi sebagai jalur drainase serta filter geotekstil yang menutupi kedua sisinya. Material ini sangat cocok untuk mengatasi masalah konsolidasi lempung lunak.


Demikian ulasan mengenai prinsip kerja vertical drain beserta contoh aplikasinya. Bagi Anda yang ingin menambahkan sistem drainase canggih ini pada proyek konstruksi maupun teknik sipil, bisa mendapatkannya melalui Geosinindo. Seluruh produk geosintetik dari Geosinindo, termasuk vertical drain, telah menerapkan Standar Internasional sehingga kualitasnya pun terjamin. Untuk pemesanan, silakan hubungi kami di sini!