• Geosinindo Team

Nehemiah Walls, Sistem Perkuatan Tanah dengan Batang Besi

Diperbarui: 12 Sep



Nehemiah Walls merupakan salah satu sistem yang cukup populer di dunia konstruksi, khususnya Asia. Sejumlah bangunan di Asia tercatat menggunakan sistem ini dalam hal perkuatan tanah. Sistem ini dianggap memiliki sejumlah manfaat, efektif, dan bisa digunakan di semua jenis konstruksi.


Apa itu Nehemiah Wall System?

Nehemiah Walls merupakan salah satu jenis sistem perkuatan tanah berdasarkan konsep Tanah Berjangkar, di mana cara perpindahan tegangan dari timbunan ke perkuatan adalah dengan tahanan pasif di samping gesekan. Sistem ini diperkuat dengan batang baja galvanis dan ditambatkan dengan balok beton pracetak. Permukaannya vertikal, terdiri dari panel beton berbentuk heksagonal modular yang saling bertautan.

Sistem ini dirancang dan dibangun untuk menahan tekanan lateral tanah sehingga dapat meningkatkan tingkat perkuatan tanah yang berbeda di kedua sisi. Sistem Nehemiah Walls pertama kali dikembangkan dan diperkenalkan di Malaysia pada 1993.

Saat ini, Nehemiah Walls telah digunakan di seluruh Malaysia dan sedang diterapkan di negara-negara seperti Singapura, India, Sri Lanka, dan Bangladesh. Sebagian besar aplikasi dari Nehemiah Walls ditemukan di proyek infrastruktur seperti jalan raya simpang susun, jembatan, dan jalan raya yang dilalui medan pegunungan.


Keunggulan Konstruksi Nehemiah Walls

Nehemiah Walls memiliki sejumlah keuntungan yang membuat sistem ini perlu diterapkan di pembangunan sejumlah konstruksi.


1. Visual Terlihat Menarik

Selain mengambil peran penting dalam perkuatan tanah konstruksi, Nehemiah Walls juga memiliki visual yang indah sehingga orang yang melihat pun akan terpesona dengan tampak luar dari konstruksi yang menggunakan sistem ini. Pasalnya, pekerja konstruksi bisa menggunakan bentuk geometri yang berbeda dan menaruh bermacam-macam logo sesuai keinginan klien.


2. Pemasangan yang Relatif Mudah

Hal yang membuat pemasangan Nehemiah Walls menjadi mudah adalah pembangunan dinding bisa dilakukan secara mandiri ketika pondasi konstruksi masih dibangun, sehingga waktu konstruksi menjadi lebih sedikit.


3. Ketahanan yang baik

Nehemiah Walls adalah sistem konstruksi yang mempunyai ketahanan baik dan mampu bertahan selama 120 tahun. Hal itu bisa terjadi karena dinding dikonstruksi Desain Tembok Nehemiah® dilakukan dengan sepenuhnya sesuai BS 8006-1:2016, "Tanah yang diperkuat/ diperkuat dan timbunan lainnya.”

Sistem dibangun sebagai bagian dari proyek pembangunan dan untuk mendukung akses jalan. Mengingat ketinggian dinding yang besar, Nehemiah Walls dirancang menjadi dua tingkat dengan tingkat atas diimbangi dari tingkat bawah oleh jarak 1,5m.

Sedangkan, lapisan tanah bawah terdiri dari lapisan atas yang kokoh menjadi lanau lempung berpasir yang kaku. Pasir sungai digunakan sebagai material timbunan. Sementara itu, nilai pH pasir harus 5,5. Resistivitas dan pH diukur untuk memastikan bahwa bahan timbunan tidak korosif.


4. Cukup Fleksibel

Sistem Nehemiah Walls juga dikenal sangat fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan keadaan ataupun kondisi daerah tempat konstruksi. Selain itu, sistem ini juga tidak memerlukan penggunaan tiang pancang yang dapat mengurangi biaya.


5. Efektif dari Segi Biaya

Hal yang paling menguntungkan dari sistem ini adalah Nehemiah Walls bisa menghemat biaya hingga 30% dari sistem perkuatan tanah yang sudah ada.

Contoh penerapan Nehemiah Wall System

Nehemiah Walls sendiri bisa diterapkan di sejumlah konstruksi dengan berbagai jenis tinggi dan situasi lingkungan, seperti:

  • Dinding sungai

  • Pembangunan perumahan

  • Daerah pegunungan

  • Jembatan

  • Tanggul rel kereta api


Untuk membangun Nehemiah Walls, diperlukan bahan dan material yang tepat. Geosinindo sebagai perusahaan konstruksi berpengalaman di Indonesia menyediakan bahan yang diperlukan untuk pembangunan sistem Nehemiah Walls dengan material yang dipercaya dan dapat memberi solusi konstruksi Anda. Segera konsultasi dan pesan material untuk Nehemiah Walls Anda di sini!