top of page
  • Geosinindo Team

Geogrid vs Geotextile, Pilih yang Mana?

Diperbarui: 30 Nov 2022


perbedaan geogrid dan geotextile

Banyak pekerjaan proyek konstruksi jalan yang menggunakan geotextile. Di sisi lain, perkembangan teknologi juga melahirkan variasi geosintetik lain yang memiliki keunggulan dibandingkan geotextile, seperti geogrid.


Jika Anda dihadapkan pada opsi geogrid atau geotextile, Anda akan pilih yang mana?


Apa Itu Geogrid?

Jika Anda sebelumnya mengenal geotextile, sekarang ada inovasi geosintetik baru yang dibuat untuk menutupi kekurangan geotextile, terutama pada masalah kekakuan bahan.

Namanya adalah geogrid, yang akan membantu pekerjaan konstruksi tanah dengan melakukan perkuatan dan stabilisasi tanah dasar.

Sama-sama merupakan material yang digunakan dalam konstruksi suatu proyek, geogrid memiliki sifat yang tidak disediakan oleh geotextile pendahulunya.

Hal ini dikarenakan geogrid dibuat dari material dasar berupa polyphropylene, polyethilene, dan polyesther. Itulah kenapa akhirnya ada 3 jenis geogrid dengan fungsi yang berbeda, yaitu:

1. Geogrid Uniaxial

Bukaan geogrid jenis uniaxial berbentuk persegi panjang dan dapat digunakan untuk perkuatan tanah, tapi khusus pada fungsi tertentu seperti stabilisasi lereng dan dinding penahan tanah.

2. Geogrid Biaxial

Geotextile geogrid biaxial diaplikasikan untuk perkuatan jenis tanah yang sangat lunak seperti lahan gambut, rawa, dan daerah berlumpur. Jenis geogrid ini kebanyakan terbuat dari polypropyelene dan polyester, dan rongganya berbentuk persegi.

3. Geogrid Triaxial

Geogrid jenis triaxial memiliki rongga bukaan segitiga dan memiliki fungsi yang sama dengan jenis biaxial. Bedanya secara performa, jenis ini lebih baik dibanding dengan geogrid biaxial karena susunan rongganya yang segitiga lebih kaku, sehingga penyebaran beban menjadi lebih rata.


Implementasi Geogrid dalam Pembangunan

Geogrid banyak digunakan dalam proyek pembangunan karena materialnya yang lebih kuat dibandingkan geotextile. Selain untuk membantu dalam prosek konstruksi jalan, geogrid juga diaplikasikan untuk perkuatan tanah pada lereng, abutment (kepala) jembatan, perkuatan bendungan, dan landfill (Tempat Pembuangan Akhir).


Mengiplementasikan geogrid dapat meningkatkan kekuatan tanah, menyebarkan beban ke tanah supaya lebih rata, mengurangi retak pada jalan, mencegah terjadinya penurunan setempat (differential settlement), dan masih banyak lagi.


Geotextile vs Geogrid, Pilih yang Mana?

Sifat interlocking geogrid yang kuat membuat geogrid banyak digunakan dalam proyek pembangunan. Dibandingkan dengan geotextile, geogrid memiliki kekakuan yang lebih tinggi. Kekakuan ini sangat penting dalam suatu struktur perkuatan atau perkerasan, di mana tanah akan menerima gaya tekan dari beban di atasnya. Itulah kenapa proyek-proyek pembangunan memerlukan bahan penguat yang tepat.


Melihat faktor kekakuannya, geogrid lebih cocok digunakan di tanah berlumpur atau lunak, sedangkan geotextile cenderung lebih cocok di tanah normal.


Kelebihan Geogrid Daripada Material Lain

Selama ini, geotextile dikenal sebagai material yang banyak digunakan dalam berbagai proyek pembangunan. Di sinilah geogrid hadir dan menawarkan berbagai keunggulannya. Kalau membicarakan kelebihan geogrid dibandingkan material lain, bahan ini memiliki kekuatan yang tinggi untuk menahan pembebanan dalam jangka panjang dan elongation (kemuluran) yang rendah.


Geogrid juga cenderung lebih terjangkau dan efektif dibandingkan struktur beton dalam pemasangan dan penanganan retaining wall. Namun, meski murah, bukan berarti material ini murahan. Geogrid dapat membuat konstruksi dinding penahan tanah jadi lebih tinggi dan tegak.


Bukan hanya itu, geogrid juga tahan terhadap sinar UV, jamur, bahan kimia dan mikroorganisme. Geogrid juga lebih mudah untuk digelar karena material ini menggunakan mekanisme interlocking atau kuncian yang sangat bagus sebagai cara pemasangan.


Demikian tadi pembahasan mengenai geogrid dan geotextile. Geosinindo menyediakan solusi bagi Anda yang membutuhkan material geosintentik untuk proyek konstruksi Anda, termasuk geogrid.


Tak hanya sekedar produk, Geosinindo juga menyediakan teknologi, aplikasi, dan teknik pemasangan tercanggih yang siap membantu Anda. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini sekarang juga!

bottom of page