top of page
  • Geosinindo Team

HDPE Geomembrane: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya


HDPE Geomembrane: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya

Produk geosintetik telah menjadi bagian penting dalam proses konstruksi. Geosintetik diproduksi dari berbagai polimer buatan manusia dan digunakan bersamaan dengan tanah atau batu untuk meningkatkan stabilitas di medan sekitar penggunaan material.

Umumnya, produk-produk ini digunakan dalam proyek infrastruktur sipil, pertambangan, dan transportasi karena kemampuannya dalam memecahkan berbagai masalah teknik yang berkaitan dengan perkuatan tanah, pengendalian erosi, dan penahanan struktur tanah di daerah rawan.


Salah satu produk geosintetik yang paling populer adalah HDPE geomembrane. Lalu, apa keunggulan material satu ini?



Apa itu HDPE geomembrane?

High-Density Polyethylene atau disingkat HDPE adalah jenis geomembrane yang paling banyak digunakan. Ia juga termasuk pilihan yang disukai untuk proyek pelapisan karena daya tahannya, ketahanan UV yang kuat, dan biaya material yang relatif murah.

Geomembrane satu ini terdiri dari 97.5% polimer dan 2.5% carbon black, anti-oksidan & heat stabilizer. Geomembran ini digunakan sebagai lapis kedap karena sifatnya yang impermeable.


Apa saja fungsi HDPE geomembrane?

HDPE geomembrane sendiri sering digunakan untuk berbagai kebutuhan industri, seperti pertambangan, perairan, dan perikanan. Di industri pertambangan, HDPE geomembrane digunakan untuk melindungi lingkungan dari paparan bahan kimia berbahaya.


Ia juga digunakan selama akhir periode penggunaan tambang. Sebagai bagian dari restorasi tambang, lapisan HDPE digunakan untuk menyegel tambang dan mencegah limbah mencemari lingkungan sekitar. Secara keseluruhan, HDPE geomembrane adalah solusi yang aman dan efektif untuk melindungi lingkungan dari zat berbahaya sisa pertambangan.


Sementara pada industri perikanan, HDPE geomembrane digunakan sebagai material perlindungan kolam ataupun tambak ikan. Material ini digunakan karena bersifat tebal dan kedap air, sehingga dapat mencegah ikan untuk keluar dari kolam maupun mencegah terjadinya kebocoran air.


Keunggulan HDPE geomembrane

HDPE geomembrane sering dipilih untuk digunakan dalam pembuatan sarana air, seperti kanal ataupun tempat penyaluran air. Hal ini terjadi karena penggunaannya yang tidak memakan biaya banyak dan ketahanannya cukup tinggi terhadap bahan kimia. Selain itu, geomembran HDPE relatif sangat kuat dalam menopang berat dan dapat menahan suhu yang lebih tinggi.


Salah satu karakteristik terbaik dari HDPE geomembrane adalah ketahanannya terhadap bahan kimia dan sinar UV, sehingga cocok untuk aplikasi area yang luas di mana diperlukan pemasangan berkualitas tinggi. Selain itu, HDPE geomembrane pun aman untuk makanan, memungkinkan untuk digunakan dalam penyimpanan air minum karena bahannya yang tidak terbuat dari besi. Sehingga, air minum tidak akan terkontaminasi dengan besi ataupun zat berbahaya lainnya.


Perbedaan geomembran HDPE & LDPE

Di samping geomembran HDPE, Anda mungkin juga pernah mendengar tentang geomembran LDPE. Walau terdengar mirip, keduanya merupakan geomembrane yang berbeda. Berikut penjelasannya!


Perbedaan Karakteristik

Dari karakteristiknya, HDPE dan LDPE dapat dibedakan dari tingkat fleksibilitasnya. Jenis HDPE cenderung lebih kaku karena sifatnya yang harus kedap terhadap cairan sehingga memiliki tingkat densitas tinggi. Sementara itu, jenis LDPE lebih fleksibel dan dapat direnggangkan maupun dibentangkan sesuai kebutuhan.


Perbedaan Aplikasi

Sementara itu, aplikasi HDPE dan LDPE juga memiliki perbedaan signifikan, di mana jenis LDPE biasa digunakan untuk permukaan, seperti melindungi material maupun bahan pada proses produksi. Sementara itu, HDPE lebih sering digunakan di bawah permukaan yang melibatkan air, seperti pembuatan kolam ataupun bendungan, karena sifatnya yang kedap air.



HDPE geomembrane merupakan jenis dari geosintetik yang sangat berguna bagi proyek konstruksi. Meskipun bukan terbuat dari bahan alami, bahan ini bisa diaplikasikan dan dapat beradaptasi dengan baik dengan tanah, sehingga tidak akan mengganggu unsur hara di dalam tanah tempat proyek dibangun.


Anda bisa mendapatkan HDPE geomembrane berkualitas baik di GEOSININDO. Selain harganya bersahabat, material yang digunakan pun sudah teruji untuk digunakan di berbagai proyek. Segera pesan HDPE geomembrane sesuai kebutuhan Anda di sini. Kunjungi pula Instagram GEOSININDO untuk melihat produk geosintetik lainnya yang Anda butuhkan.

Comentarios


bottom of page