• Geosinindo Team

Silt Curtain Penting untuk Proyek Konstruksi di Air, Ini Cara Instalasinya

Diperbarui: 3 hari yang lalu


Silt Curtain

Dalam pelaksanaan proyek pembangunan, silt curtain adalah sistem yang penting untuk dipasang di air supaya mencegah pencemaran akibat pekerjaan konstruksi di laut, sungai, atau danau. Memangnya, apa itu silt curtain? Simak fungsi sampai cara instalasinya di sini!


Apa itu silt curtain?

Silt curtain merupakan istilah untuk pembatas yang diletakkan di air sebagai langkah menjaga lingkungan saat melaksanakan konstruksi. Silt adalah butiran tanah atau sedimen dengan kemungkinan merusak keadaan air, sehingga perlu ditahan menggunakan silt curtain. Terlebih, silt tidak bisa terdeteksi oleh mata karena ukurannya kecil. Oleh karena itu, tindakan preventif perlu dilakukan untuk mencegah dampak buruk.

Contoh dampak buruk dari persebaran silt atau lanau adalah membuat tanaman tidak bisa tumbuh. Meski berukuran kecil, partikel ini menyebabkan tanah menjadi kering dan keras. Selain tanah, kualitas air pun turut menurun. Polusi tersebut pun berpengaruh bagi mikroorganisme yang tinggal di sekitarnya.

Meski begitu, pihak pengelola proyek perlu memperhatikan kemampuan silt curtain dalam mencegah pencemaran. Kadang-kadang, tirai penahan tersebut bisa lepas karena material pembuatannya kurang kuat. Pastikan juga instalasi dilakukan dengan benar supaya dapat berdiri dengan kokoh. Ketika sudah terpasang, rawat silt curtain sesuai anjuran.


Proyek apa yang memerlukan silt curtain?

Penggunaan silt curtain dapat ditemukan di berbagai proyek, mulai dari pembangunan hingga pengerukan. Ada juga yang memakainya untuk dewatering. Contoh penggunaan silt curtain antara lain proyek perbaikan atau pembangunan jembatan, pengerukan, penggalian, serta bendungan tailing pertambangan.


Apa fungsi silt curtain?

Secara sederhana, silt curtain membatasi persebaran sedimen di lingkungan sekitar proyek. Sebab, partikel sedimen dari aktivitas proyek dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Disebut juga sebagai silt protector, silt curtain diperlukan untuk menahan bahan-bahan penyebab pencemaran.

Tanpa adanya silt protector, aktivitas konstruksi rawan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Terlebih, proyek biasanya melibatkan bahan-bahan tertentu yang berpotensi mencemari lingkungan. Itu sebabnya bahan proyek perlu ditahan supaya tidak terlalu menyebar di area sekitarnya.

Bagaimana cara mengaplikasikan silt curtain?

Mengaplikasikan silt curtain perlu dilakukan secara tepat agar fungsinya berjalan dengan optimal. Temukan caranya di bawah ini!


1. Tata komponen silt curtain

Sebelum mulai mengaplikasikan silt curtain, tata terlebih dahulu komponen-komponen yang ada. Dengan begitu, dapat dipahami letak setiap bagian dalam keseluruhan struktur silt curtain. Jika tidak ditata, proses instalasi akan lebih sulit karena bingung terkait posisi setiap komponen.


2. Pasang rantai bawah silt curtain

Pemasangan silt curtain dimulai dengan mengaitkan rantai bawahnya. Beberapa tipe silt curtain memerlukan pemasangan yang berbeda, misalnya ada yang memiliki pelat tegangan baja dan snap hook. Di sisi lain, terdapat tipe yang tidak dilengkapi dengan snap hook, melainkan dikaitkan dengan segel atau shackles.


3. Gunakan konektor untuk menggabungkan komponen silt curtain

Komponen silt protector kemudian dihubungkan menggunakan konektor berbahan aluminium. Sehingga, setiap bagian dapat tersambung dengan kuat. Tidak semua tipe dilengkapi oleh konektor aluminium, jadi belum tentu langkah ini dilakukan.


4. Tempelkan grommet eyes

Temukan posisi grommet eyes pada setiap komponen silt protector. Jika sudah ditemukan, tempelkan grommet eyes bagian satu dengan lainnya menggunakan tali. Pastikan setiap grommet eyes terpasang secara sejajar. Langkah ini dapat diulangi sepanjang ukuran silt curtain yang diperlukan.


Kini, Anda telah mengetahui betapa pentingnya fungsi silt curtain untuk proyek konstruksi di air. Demi mencegah dampak buruk dari proyek konstruksi, manfaatkan Dirt-Stop® Silt Curtain dari Geosinindo. Produk ini terbuat dari material woven polyester geotextile kuat yang sesuai untuk mencegah polusi akibat pekerjaan di area perairan. Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengunjungi website Geosinindo.