banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner

Konstruksi Perkuatan Lereng Area Pabrik, Tabanan, 2006

Banjir dan penurunan muka air sungai secara tiba-tiba (rapid draw down) mengakibatkan longsornya lereng dan dinding penahan tanah pada area sisi belakang sebuah pabrik minuman di daerah Tabanan, Bali. Banjir dan rapid draw down tersebut menyebabkan peningkatan tekanan air pori di belakang konstruksi dinding penahan tanah, yang berupa soldier pile, dan menyebabkan kelongsoran sehingga mengancam bangunan pabrik seperti terlihat pada foto-foto berikut ini.

Bangunan pabrik masih aman untuk sementara waktu karena ditopang oleh deretan konstruksi soldier pile ke-2 di berada di belakang deret soldier pile pertama yang telah gagal. Namun konstruksi soldier pile ke-2 ini juga berada pada kondisi kritis dan diperkirakan akan mengalami kegagalan seperti terlihat pada foto di samping ini.

Untuk itu perlu dilakukan suatu langkah penanggulangan dengan memilih jenis konstruksi yang tepat dan cepat dalam pelaksanaannya sehingga dapat menghindari kerusakan lebih lanjut.

Pihak kontraktor berusaha untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan merencanakan sebuah sistem perkuatan yang menggunakan material geotekstil yang dipilih berdasarkan pertimbangan beberapa faktor yaitu nilai ekonomis, teknik, kemudahan proses pelaksanaan konstruksi, dan lain sebagainya.

Data Perancangan
Tanah Timbunan

Tanah Dasar
Berdasarkan data hasil penyelidikan sondir diketahui bahwa tanah dasar merupakan jenis tanah cadas sangat keras dengan nilai q > 200 kg/cm2, sehingga diperkirakan mempunyai daya dukung yang sangat memadai untuk mendukung stabilitas lereng.

Metode dan Hasil Perancangan
Metode perancangan perkuatan lereng dengan geotekstil komposit ini mengacu pada peraturan British Standard BS 8006-1995 untuk dianalisis lebih lanjut dengan program komputer Plaxis v7.2.

Material perkuatan
Material perkuatan menggunakan geosintetik Polyfelt PEC yang merupakan geotekstil komposit dengan fungsi perkuatan (memiliki nilai kuat tarik tinggi) dan sekaligus fungsi separasi serta drainasi (mampu mengalirkan air yang searah bidang geotekstil).

Facing/penutup
Sebagai penutup permukaan material perkuatan lereng, sehubungan dengan kondisi lapangan yang berhadapan langsung dengan aliran sungai, maka menggunakan susunan bronjong yang masing-masing berukuran 2 m x 1 m dengan tinggi 50 cm, yang sekaligus berfungsi sebagai bekisting pada saat pelaksanaan konstruksi perkuatan lereng dengan geosintetik.

sole distributor for