banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner

Tanah Ekspansif

Tanah ekspansif (expansive soil) adalah material tanah yang mengalami perubahan volume akibat perubahan kadar air. Tentunya hal ini menimbulkan masalah yang cukup pelik pada konstruksi karena volume tanahnya berubah-ubah. Tanah dasar yang bersifat ekspansif akan mengembang dan dapat menyebabkan bangunan atau struktur lainnya terangkat di saat kondisi kadar air tinggi. Sebaliknya di saat kadar airnya rendah, tanah ekspansif akan menyusut dan dapat menyebabkan penurunan bangunan (settlement). Bagaimana pun, kerusakan parah bisa disebabkan oleh kedua kondisi tersebut. Tanah ekspansif juga akan memberikan tekanan tambahan yang akan menyebabkan pergerakan lateral pada dinding/bagian vertikal dari fondasi, basement, atau pun dinding penahan tanah. Tanah ekspansif yang mengembang akibat kadar air yang tinggi akan mengalami kehilangan kekuatan atau daya dukungnya dan akan menyebabkan kerusakan fondasi atau keruntuhan lereng.

Salah satu pendekatan yang dapat efektif dalam menangani pengembangan dan penyusutan tanah ekspansif melibatkan penerapan langkah-langkah untuk melindungi tanah dari pembasahan dan pengeringan yang berlebihan (pengendalian kadar air tanah). Tujuan pengendalian kadar air tanah adalah menjaga kadar air tanah ekspansif tersebut agar nilainya relatif konstan. Salah satu sistem yang digunakan untuk memperbaiki tanah ekspansif adalah moisture barrier horizontal dan vertikal. Pelindung horizontal (horizontal barrier) digunakan untuk mencegah penguapan air di bagian permukaan, sedangkan pelindung vertikal (vertical barrier) digunakan di sekeliling bangunan atau struktur dalam tanah untuk memotong aliran air yang masuk. Sistem ini akan menjaga kadar air yang seragam pada daerah yang dilindungi untuk waktu jangka panjang. Pelindung vertikal dipasang sampai kedalaman yang lebih atau sama dengan kedalaman tanah ekspansif yang kadar airnya berubah secara berkala.

Pendekatan lain yang dapat dilakukan adalah pemberian prabeban (surcharge load) di atas tanah ekspansif untuk mengontrol pergerakan tanah. Bila swelling pressure (tekanan akibat pengembangan tanah) dari tanah ekspansif sudah diketahui, besarnya pemberian prabeban dapat dihitung.

Keuntungan:

  • Mengurangi tekanan dan kegagalan pada struktur yang dikarenakan tanah ekspansif

Produk yang cocok:

sole distributor for